LainnyaBeberapa Penyebab Mesin Cuci Bocor dan Cara Mengatasinya

Beberapa Penyebab Mesin Cuci Bocor dan Cara Mengatasinya

Mesin cuci sudah seperti menjadi barang wajib yang harus dimiliki pada setiap rumah. Dengan menggunakan mesin cuci, pekerjaan mencuci pakaian dilakukan dengan lebih efisien.

Terlebih bagi anak kos, atau orang dengan kesibukan yang tinggi, mencuci menggunakan mesin cuci menjadi pilihan terbaik. Meski begitu, menggunakan mesin cuci bukanlah tanpa masalah.

Masalah umum yang terjadi pada mesin cuci adalah mesin cuci bocor. Untuk dapat mengatasinya, Anda perlu mengetahui beberapa penyebab mengapa mesin cuci bocor atau rembes, sehingga lebih mudah untuk mengatasinya.

Untuk itu, Anda perlu mengetahui beberapa penyebab mesin cuci bocor berikut ini.

Penyebab Mesin Cuci Bocor

1. Kelebihan Muatan
Penyebab mesin cuci bocor yang pertama adalah muatan pakaian yang melebihi kapasitas, sehingga mengakibatkan mesin cuci bocor. Untuk mengatasi hal tersebut, cucilah pakaian dengan menyesuaikan ukuran mesin.

Jika pakaian sudah rata dengan penutup mesin, maka jangan tambah lagi pakaiannya. Pakaian yang terlalu banyak akan membuat mesin yang menggunakan fitur semprot bilas menjadi terganggu.

Air yang digunakan untuk membilas dan mencuci baju pada mesin cuci menjadi berlebih, sehingga membuat mesin cuci mengalami kebocoran.

2. Penyumbatan Selang Pembuangan
Mesin cuci bocor juga bisa diakibatkan adanya penyumbatan pada selang. Sehingga aliran air menuju pembuangan akhir tidak berjalan lancar dan akhirnya meluap.

Penting kiranya untuk membersihkan selang mesin cuci secara rutin. Hal ini bertujuan untuk meminimalisir risiko mesin cuci bocor atau bahkan rusak. Anda bisa melepas dan memasang kembali selang sendiri dengan mudah.

3. Selang Mesin Cuci Bocor
Jika penyumbatan pada selang tidak ditemukan namun air tetap bocor, bisa jadi terdapat lubang pada selang mesin cuci. Cara mengatasi hal ini adalah dengan mengganti komponen yang bocor tersebut.

Cabut selang yang bocor pada saluran pembuangan, lalu pasang selang baru, ikat dengan kabel ties jika diperlukan supaya sambungannya lebih rapat.

4. Karet Mesin Cuci Rusak
Pada mesin cuci dengan bukaan di bagian depannya (front loading), sumber air yang bocor bisa jadi dari celah di pintu mesin. Jika benar sumber utamanya dari celah di pintu mesin, maka Anda harus segera mengganti karetnya.

Karet ini berguna untuk menahan air agar tidak bocor keluar ketika mesin cuci tengah berputar. Jika kondisinya berlubang, kotor, atau sudah retak, hal ini menyebabkan air rembes keluar.

5. Mesin Cuci Tidak Seimbang
Supaya dapat berfungsi dengan baik, mesin cuci harus berada dalam posisi seimbang atau berada diatas lantai yang rata. Untuk mengecek keseimbangannya dapat dengan menggoyangkan mesin cuci dari kiri ke kanan atau maju mundur.

Jika mesin cuci bergoyang dengan parah, kemungkinan kaki mesin cuci atau lantai tidak rata. Untuk mencari titik keseimbangan yang lebih akurat, Anda bisa menggunakan alat bantu waterpas.

6. Pemakaian Deterjen Secara Berlebihan
Masalah yang umum menjadi penyebab kebocoran pada mesin cuci adalah penggunaan deterjen yang berlebihan. Saat deterjen yang dituang dalam mesin cuci terlalu banyak, maka menghasilkan banyak busa. Busa tersebut dapat meluap dan menyebabkan kebocoran.

Kesimpulan
Itu tadi adalah beberapa penyebab mesin cuci bocor beserta cara mengatasinya, dengan begitu Anda dapat mengatasinya sendiri dengan cepat dan tepat tanpa bantuan teknisi. Sekaligus, pengetahuan tersebut bisa dijadikan langkah preventif.

Dimana untuk menghindari mesin cuci bocor, Anda dapat melakukan pengecekan dan pembersihan mesin cuci secara rutin. Sehingga Anda dapat terhindar dari masalah mesin cuci bocor.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

TERPOPULER

TERBARU

ARTIKEL TERKAIT