KecantikanCara Mengatasi Rambut Kering, Bahan Mudah Dicari!

Cara Mengatasi Rambut Kering, Bahan Mudah Dicari!

Memiliki rambut yang indah dan sehat adalah idaman wanita dan pria. Apalagi bagi mereka yang bekerja didunia hiburan, frontliner, marketing, pengajar, dan pekerjaan lain yang menuntut perhatian lebih pada penampilan fisik.

Rambut merupakan mahkota yang berkaitan erat dengan rasa percaya diri saat tampil dihadapan orang-orang banyak. Salah satu masalah rambut yaitu rambut kering.

Jika Anda cuek terhadap rambut kering maka akan menimbulkan dampak negatif dalam jangka panjang seperti rambut akan mudah rontok. Beberapa penyebab rambut kering yaitu sebagai berikut.

Penyebab Rambut Kering

1. Terlalu lama terkena sinar matahari.
2. Kurang menjaga kebersihan rambut.
3. Terkena berbagai macam zat kimia atau produk perawatan rambut yang tidak aman.
4. Sering memakai hairspray.
5. Pemakaian catok rambut setiap hari.
6. Jenis shampoo yang digunakan tidak cocok dengan tipe rambut.
7. Pemakaian semir rambut.
8. Sering menggunakan hairdryer.
9. Terlalu lama berenang diair kaporit.

Cara Mengatasi Rambut Kering

Untuk mengatasi kerusakan rambut karena rambut Anda terasa kering, dapat dilakukan berbagai cara. Salah satu cara agar rambut tidak kering yaitu dengan menggunakan bahan-bahan alami.

1. Cuka Apel
Cara mengatasu rambut kering yang pertama yaitu dengan cuka apel. Caranya adalah dengan mencampurkan satu sendok makan minyak gandum dengan setengah cangkir cuka sari apel ke dalam wadah yang berisi air sebanyak dua cangkir.

Aduk hingga rata lalu oleskan campuran air cuka apel tersebut pada rambut yang masih basah setelah keramas. Kemudian setelah dioleskan merata diamkan selama 10 menit lalu bilas hingga bersih. Agar bau cuka pada rambut menghilang dapat menggunakan kondisioner pada ujung-ujung rambut.

2. Mayones
Kandungan asam lemak pada mayones berfungsi untuk melembutkan rambut dan juga meningkatkan minyak alami pada rambut. Setelah keramas oleskan satu sendok makan mayones pada rambut, kemudian bungkus rambut dengan handuk panas. Tunggu sampai 20 menit lalu bilas kembali dengan menggunakan shampoo.

3. Minyak Kelapa
Cara agar rambut tidak kering yaitu oleskan minyak pada rambut setelah keramas, lalu diamkan selama 20 menit dengan membungkus rambut dengan menggunakan handuk panas setelah itu bilas rambut hingga bersih.

4. Minyak Zaitun
Sebelum keramas oleskan minyak zaitun hangat (hangatkan minyak zaitun dengan microwave) ke seluruh rambut. Tunggu beberapa menit kemudian keramaslah dengan menggunakan shampo.

5. Lidah Buaya
Manfaatkan daging lidah buaya yang berbentuk gel. Lidah buaya mengandung enzyme yang sangat baik untuk kesehatan rambut.

Cara dengan ambil daging lidah buaya, lalu oleskan pada rambut hingga merata. Diamkan selama kurang lebih 30 menit, kemudian bilas rambut hingga bersih dengan menggunakan air.

6. Konsumsi Vitamin C dan E
Rambut membutuhkan nutrisi vitamin C dan vitamin E. Fungsi vitamin tersebut dapat menutrisi dari dalam. Untuk itu, konsumsilah vitamin tersebut yang banyak terdapat dalam sayuran dan buah-buahan.

7. Gunakan Shampo Yang Tepat
Rutinlah untuk keramas, minimal dua kali dalam seminggu. Gunakan shampoo yang tepat, misal rambut Anda sedang kering maka gunakanlah shampo untuk rambut kering.

Tidak lupa gunakan kondisioner rambut sekali dalam seminggu setelah keramas. Saat menggunakan kondisioner diamkan beberapa menit, kemudian bilas hingga tidak ada sisa kondisioner lagi di rambut.

8. Jangan Menggosok Rambut
Saat sedang mengeringkan rambut, jangan membiaskan untuk menggosokkan rambut dengan handuk. Hal ini menyebabkan gesekan yang dapat membuat rambut mudah menjadi rusak pada lapisan luar rambut dan menyebabkan rambut tampak kering.

9. Konsumsi Air Putih Yang Cukup
Minumlah air putih 8 gelas sehari untuk memenuhi kebutuhan cairan tubuh Anda. Mengkonsumsi air putih yang cukup akan membantu menjaga kelembaban rambut supaya tidak kering dan rusak.

Demikian penyebab dan cara mengatasi rambut kering. Jauhilah faktor penyebab rambut kering dan rutinlah dalam melakukan perawatan rambut agar tidak kering dan kusam.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

TERPOPULER

TERBARU

ARTIKEL TERKAIT