KesehatanCara Mengatasi Rambut Rontok, Bahan Mudah Dicari!

Cara Mengatasi Rambut Rontok, Bahan Mudah Dicari!

Rambut rontok merupakan hal yang biasa dialami oleh sebagian besar orang. Tentu saja, keadaan tersebut normal bila tidak berlebihan. Namun apabila kerontokan terjadi secara terus-menerus, maka patut diwaspadai karena dapat memicu terjadinya kebotakan.

Kerontokan yang terjadi pada rambut dapat disebabkan oleh beberapa hal, diantaranya pengaruh penggunaan produk-produk berbahan kimia sintesis, pengaruh obat-obatan, stress, dan kurang gizi.

Kerontokan yang terjadi secara terus-menerus dapat menguragi estetika rambut. Pasalnya, rambut yang indah adalah rambut yang bervolume, lembut, tidak lepek, dan tidak rapuh.

Oleh karena itu, apabila anda menderita gejala rambut rontok yang berlebihan, maka sebaiknya segera diatasi. Nah, berikut ini 7 cara mengatasi rambut rontok dengan bahan-bahan alami yang mudah dicari.

Cara Mengatasi Rambut Rontok

1. Minyak alami
Perawatan yang paling mudah dilakukan untuk mengatasi rambut rontok adalah dengan minyak alami, seperti minyak zaitun dan minyak kelapa. Minyak zaitun dan minyak kelapa mengandung vitamin E yang berguna untuk melindungi rambut dari kerusakan akibat efek radikal bebas.

Anda dapat menggunakan minyak-minyak alami tersebut dengan cara mengoleskan minyak dan pijat dengan lembut pada kulit kepala. Bungkus rambut dengan topi mandi selama 1 jam, setelah itu bilas rambut dengan sampo dan air hingga bersih. Lakukan perawatan ini 1-2 kali seminggu guna mendapatkan hasil yang optimal.

2. Rempah-rempah
Rempah-rempah yang ada di dapur anda juga dapat dimanfaatkan untuk mengatasi rambut rontok. Beberapa rempah-rempah yang dapat digunakan adalah bawang putih dan jahe.

Bawang putih mengandung senyawa antibakteri yang mampu membasmi parasit pada kulit kepala dan mengobati infeksi di kepala. Sedangkan jahe mengandung vitamin A, vitamin B=, dan vitamin E yang mampu menutrisi dan menguatkan akar rambut.

Cara pemakaian rempah-rempah ini untuk rambut cukup mudah, yaitu dengan menghaluskan rempah yang akan digunakan (misalnya bawang putih atau jahe) dan tambahkan minyak zaitun. Oleskan pada rambut secara merata, diamkan selama 30 menit. Jika sudah, bilas rambut dengan sampo dan air hingga bersih.

3. Pemijatan pada kulit kepala
Pemijatan pada kulit kepala dapat membantu memperlancar sirkulasi darah sehingga kekuatan dan keremajaan folikel rambut pun dapat terjaga. Anda dapat melakukan pemijatan menggunakan minyak essensial, seperti minyak lavender, minyak almond, atau minyak wijen.

4. Perbanyak konsumsi makanan yang mengandung biotin
Biotin banyak ditemukan pada kacang-kacangan, telur, alpukat, ikan salmon, dan kembang kol. Makanan yang mengandung biotin bermanfaat untuk menjaga kekuatan rambut. Biotin berperan dalam mencegah kerusakan rambut dan mempercepat pertumbuhan rambut.

5. Alpukat
Alpukat tidak hanya enak untuk dimakan, tetapi juga bermanfaat untuk menjaga kekuatan rambut. Hal ini terbukti dengan banyaknya salon yang memanfaatkan alpukat sebagai bahan untuk creambath. Di dalam alpukat terkandung protein yang berperan efektif dalam menutrisi rambut.

Cara penggunaan alpukat untuk mengatasi rambut rontok, yaitu dengan menghaluskan alpukat dengan blender. Oleskan merata pada rambut lalu diiamkan selama 20 menit dan tutup kelapa dengan topi mandi. Terakhir, bilas rambut dengan sampo dan air hingga bersih.

6. Putih Telur
Banyak orang yang tidak ingin menggunakan telur sebagai perawatan rambut karena baunya yang amis. Padahal di dalam telur terkandung tinggi protein dan mineral yang berfungsi untuk menguatkan akar rambut dan mencegah kerontokan.

Cara penggunaannya juga cukup mudah, yaitu pecahkan telur lalu pisahkan kuning dan putih telur. Oleskan putih telur secara merata pada rambut, lalu diamkan selama 20 menit. Bilas dengan sampo dan air hingga bau amisnya hilang.

7. Teh hijau
Teh hijau mempunyai kandungan tinggi zat antioksidan. Kandungan zat antioksidan tersebut berperan dalam mencegah kerontokan rambut dan meningkatkan pertumbuhan rambut.

Cara pemakaiannya dengan menyeeduh 2 kantong teh hijau ke dalam 1 cangkir air hangat. Pastikan air teh dalam keadaan hangat kuku, lalu tuang perlahan pada rambut sambil diratakan. Diamkan selama 1 jam, jika sudah bilas rambut dengan sampo dan air hingga bersih.

Demikianlah 7 cara untuk mengatasi rambut rontok. Selain melakukan cara-cara di atas, sebaiknya hindari penggunaan catok untuk menghhaluskan rambut. Hal ini dikarenakan catok memberikan suhu yang tinggi untuk rambut sehingga dapat menyebabkan rambut menjadi kusut, rapuh, dan mudah rontok.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

TERPOPULER

TERBARU

ARTIKEL TERKAIT