KesehatanCara Menghilangkan Karang Gigi Secara Alami

Cara Menghilangkan Karang Gigi Secara Alami

Karang gigi merupakan plak gigi yang mengalami pengerasan (kalsifikasi). Sebagian orang ada yang tidak senang dengan kondisi ini sehingga berupaya membersihkan karang gigi.

Namun ada juga yang tidak peduli dengan karang gigi, padahal studi membuktikan bahwa karang gigi dapat menyebabkan kanker mulut melalui bakteri pemicu pertumbuhan sel kanker.

Karang gigi terbuat dari plak dan zat kapur yang terdapat pada air liur. Plak gigi terdiri dari lapisan bening di gigi dan kuman. Dalam mulut manusia terdapat sekitar 350 jenis kuman yang dapat menyebabkan karies.

Karang gigi hitam muncul karena kebiasaan malas sikat gigi sebelum tidur dan setelah makan. Sisa makanan yang melekat pada gigi seiring waktu akan mengeras dan menempel pada gigi membentuk apa yang disebut dengan istilah karang gigi.

Nah karang gigi ini akan dapat menyebar keseluruh bagian gigi dan menimbulkan bau mulut tidak sedap. Jika karang gigi terlanjur muncul maka harus ditangani segera yaitu dengan cara pengobatan medis oleh dokter gigi profesional atau dengan cara menghilangkan karang gigi secara alami dibawah ini.

Cara Menghilangkan Karang Gigi Secara Alami

Cara menghilangkan karang gigi secara alami ini terbukti ampuh dan tidak merusak email gigi.

1. Menyikat Gigi
Menyikat gigi harus dengan teknik yang benar dan pada waktu yang tepat. Menyikat gigi yang benar dilakukan menggunakan pasta gigi yang mengandung fluoride dengan teknik memutar minimal 15 detik untuk setiap gigi.

Lakukan gerakan vertikal supaya dapat mengangkat kotoran pada sela-sela gigi. Gunakan dental floss dan mouthwash supaya mulut terasa lebih bersih dan fresh. Tidak lupa juga untuk membersihkan lidah dengan scrub khusus.

Banyak orang juga masih mengira menyikat gigi cukup dilakukan sebelum sarapan dan sebelum berangkat tidur. Padahal yang paling tepat adalah menyikat gigi setiap kali selesai makan, yaitu setelah sarapan, makan siang, dan makan malam.

2. Berkumur
Kegiatan berkumur setelah makan merupakan salah satu cara ampuh menghilangkan karang gigi juga menetralisir penyebab karang gigi. Dalam obat kumur mengandung sejumlah zat aktif pembersih karang gigi.

3. Menggosok Kulit Jeruk
Kulit jeruk mengandung vitamin C yang terkenal sangat baik untuk kesehatan gigi. Menariknya, kulit jeruk bisa dijadikan sebagai alat penghilang gigi secara alami. Caranya adalah dengan cara menggosokkan secara lembut kulit jeruk pada karang gigi, lakukan secara berulang-ulang maka karang gigi akan menghilang dari mulut Anda.

4. Konsumsi Buah Apel
Manfaat buah apel selain dapat membuat gigi putih juga dapat menghilangkan karang gigi secara efektif. Buah apel mengandung vitamin C yang dapat membuat gigi putih dan sehat.

5. Mengoleskan Tomat dan Stroberi
Apel dan stroberi merupakan salah satu buah pembersih karang gigi secara alami. Anda cukup mengoleskan tomat dan stroberi dan diamkan sejenak selama 5 menit, lalu berkumurlah dengan air hangat, niscaya plak pun lama-kelamaan akan menghilang.

6. Mengoleskan Cengkeh
Cengkeh merupakan salah satu obat tradisional penghilang plak gigi dan karang gigi. Untuk membersihkan karang gigi dengan cengkeh sangat mudah. Caranya yaitu oleskan cengkeh pada karang gigi secara perlahan-lahan.

7. Konsumsi Air Putih
Minumlah air putih yang cukup minimal sebanyak 8 gelas sehari, air putih dapat membantu untuk membersihkan sisa makanan pada mulut.

Itu tadi info mengenai cara menghilangkan karang gigi secara alami. Lakukan beberapa cara alami diatas untuk mengatasi karang gigi. Jangan lupa sikat gigi minimal dua kali sehari dan hindari merokok karena tembakau dapat menyebabkan karang gigi muncul dibawah garis gusi.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

TERPOPULER

TERBARU

ARTIKEL TERKAIT