KesehatanCara Mengobati Amandel Bengkak Secara Alami

Cara Mengobati Amandel Bengkak Secara Alami

Rasa tidak nyaman yang terjadi di dalam tenggorokan bukan melulu diakibatkan oleh sakit tenggorokan maupun radang tenggorokan, bisa juga disebabkan oleh amandel yang membengkak sehingga membuat tenggorokan terasa nyeri, membuat Anda sulit menelan makanan.

Mengobati amandel tanpa operasi itu tidak susah, Anda bisa melakukannya dengan menggunakan bahan tradisional yang memang dipercaya untuk mengobati amandel. Cara mengobati amandel berikut ini akan membantu Anda untuk meringankan amandel yang membengkak sehingga amandel tidak lagi membuat tenggorokan Anda terasa sakit.

Cara Alami Mengobati Amandel Tanpa Operasi

Jeruk nipis
Salah satu cara mengobati amandel secara alami yang bisa Anda lakukan di rumah dengan memakai bumbu dapur adalah dengan menggunakan jeruk nipis. Jeruk nipis mengandung vitamin C tinggi yang sangat baik untuk tubuh kita, termasuk membantu meredakan amandel yang membengkak. Buatlah minuman hangat dari air perasan jeruk nipis yang dicampurkan dengan kapur sirih secukupnya, minum cairan alami ini setiap hari maksimal 3x setiap hari.

Daun benalu
Dan cara mengobati amandel tanpa operasi lainnya adalah dengan memakai daun benalu. Daun benalu yang menempel di pohon jeruk nipis dapat Anda gunakan untuk mengobati amandel yang meradang. Siapkanlah beberapa lembar daun benalu dan adas pulo waras, tumbuk kedua bahan alami ini sampai menjadi halus lantas saring hasil tumbukannya untuk kemudian diseduh dengan air panas dan minumlah seduhan tumbukan daun benalu serta adas pulo waras ini secara teratur agar amandel yang membengkak bisa kempis dan kembali normal.

Bawang merah
Cara mengobati amandel bengkak yang tidak kalah efektifnya adalah dengan menggunakan bawang merah. Bawang merah yang biasanya Anda gunakan untuk mengolah makanan mentah hingga menjadi makanan yang matang ini memiliki ragam manfaat lainnya termasuk membantu mengobati amandel yang mengalami pembengkakan. Kupas bawang merah secukupnya lalu kunyahlah bawang merah tersebut dan telan, cara ini akan mempercepat proses penyembuhan amandel yang membengkak.

Buah mengkudu
Buah ini memang tidak populer untuk dikonsumsi secara rutin seperti buah apel atau buah nanas karena rasanya yang tidak lezat, namun buah ini sangatlah populer seringkali menjadi bahan utama dari ramuan obat yang efektif untuk mengobati berbagai penyakit.

Bila Anda ingin menggunakan buah mengkudu sebagai obat amandel, maka Anda perlu menyipakan 2 buah mengkudu matang, blender buah mengkudu sampai halus, saring lalu ambil air perasannya, agar rasanya lebih lezat, tambahkan madu murni secukupnya dan aduk hingga tercampur merata lalu minum ramuan obat ini secara teratur untuk membantu mengobati radang amandel.

Kulit manggis
Merupakan bahan alami yang dikenal dengan sangat baik sebagai tumbuhan obat yang ampuh untuk mengatasi berbagai macam penyakit, termasuk mengatasi amandel yang membangkak. Kulit manggis ini bisa kita peroleh dengan sangat mudah, karena banyak dijual di toko obat, buatlah ramuan alami penyembuh amandel dari 15 kulit manggis yang sudah dikeringkan dan air secukupnya.

Rebus kulit manggis kering dan air hingga airnya mendidih, setelah matang, tunggu hingga air rebusannya dingin baru kemudian gunakan air rebusan kulit manggis ini sebagai obat kumur, gunakan sebagai obat kumur saja, jangan sampai meminumnya.

Dan selain beberapa bahan alami yang sudah disebutkan di atas, Anda pun bisa menggunakan bahan herbal lainnya, seperti jahe, madu murni, dan masih banyak lagi. Aplikasikan cara mengobati amandel dengan menggunakan bahan tradisional di atas sebagai teknik pengobatan yang efektif dan aman.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Subscribe Today

GET EXCLUSIVE FULL ACCESS TO PREMIUM CONTENT

SUPPORT NONPROFIT JOURNALISM

EXPERT ANALYSIS OF AND EMERGING TRENDS IN CHILD WELFARE AND JUVENILE JUSTICE

TOPICAL VIDEO WEBINARS

Get unlimited access to our EXCLUSIVE Content and our archive of subscriber stories.

Exclusive content

Latest article

More article