Kesehatan6 Nutrisi Penting Untuk Pertumbuhan Anak

6 Nutrisi Penting Untuk Pertumbuhan Anak

Sebenarnya apa saja yang dibutuhkan anak-anak usia sekolah dalam masa pertumbuhannya? Tentu saja sangat banyak, terutama kebutuhan akan nutirisi harus terpenuhi sesuai dengan usianya agar anak sehat dan cerdas.

dr Pauline Endang Praptini, MS, SpGK, dokter spesialis gizi klinis RS Fatmawati Jakarta mengatakan “Semakin bertambah usia anak, kebutuhan pun semakin banyak.”

dr Pauline menambahkan, Ada 6 hal yang dibutuhkan agar pertumbuhan dan perkembangan anak bagus.

1. Energi
Kebutuhan energi berasal dari makanan yang dikonsumsi oleh anak seperti protein, lemak, dan karbohidrat. Kebutuhan ini pada setiap anak berbeda-beda yang dipengaruhi oleh usia, berat badan, tinggi badan, dan aktivitas anak.

2. Protein
Protein berfungsi sebagai zat yang membangun pembentukan sel darah, membentuk imunitas tubuh, perbaikan kerusakan sel, pembentukan hormon dan enzim. Ia bisa diperoleh dari protein hewani (seperti ikan, daging sapi, ayam, telur, susu,), dan protein nabati (tahu, tempe serta kacang-kacangan contohnya).

3. Lemak
Lemak adalah penghasil energi terbesar. Ia berfunsgi sebagai bahan pembentukan sel baru dan kolesterol. Seperti susu (jenuh), minyak kelapa sawit, mentega (lemak trans), bisa juga didapat dari alpukat, ikan salmon, minyak jagung, gindara, dan kakap.

4. Karbohidrat Sederhana dan Kompleks
Mengonsumsi karbohidrat sederhana dianjurkan hanya 5 persen dari energi total seperti gula pasir, gula jawa, gula batu, dan madu. Untuk karbohidrat kompleks yang mengandung serat seperti sereal, beras, umbi-umbian, sayur, dan buah.

5. Serat yang larut dalam air dan bersifat sebagai prebiotik.
Fungsi dari serat ini memberi nutrisi sel usus untuk mencegah diare atau sembelit. Adapun serat tak larut ialah serat yang tidak larut dalam air, mempermudah proses pembuangan, memperbesar volume feses, dan mencegah munculnya wasir.

6. Air
Kadar konsumsi air tergantung pada usia anak. Untuk usia 4-6 tahun membutuhkan sekitar 1.500 ml air per hari, usia 13-15 tahun 2.000 ml per hari. Semakin tinggi usia anak, semakin banyak pula air yang harus dikonsumsi.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

TERPOPULER

TERBARU

ARTIKEL TERKAIT